Cari di Sini

Senin, 19 Agustus 2013

Berbagai Pertanyaan tentang Ikan Nemo


Berikut ini berbagai pertanyaan yang sering dilontarkan pada kami mengenai Ikan Nemo atau Ikan Badut atau disebut juga Common Clownfish (Amphriprion Ocellaris).

Berapa ukuran maksimal Ikan Nemo?
Betina berukuran lebih besar dan dapat mencapai 11 cm, adapun jantan 7 cm. Namun itu juga tergantung asupan pangan yang diterima si ikan. Biasanya ukurannya lebih besar di laut lepas dibandingkan yang dipelihara di akuarium. 

Dari mana asal ikan ini?
Ikan Nemo berasal dari Samudera India Timur dan Pasifik Tropis. Indonesia dan Filipina menjadi pengekspor terbesar ikan ini ke berbagai pasar dunia. 

Apakah ikan ini cocok untuk karang?
Ya, Ikan Nemo tidak merusak karang atau anemon atau hewan invertebrata. Ikan Nemo dipelihara bersama anemon, tapi tidak masalah jika dipelihara tanpa anemon. Sejumlah anemon yang disenangi Ikan Nemo ialah Heteractis Magnifica dan Stichodactyla Gigantea. Perlu diperhatikan bahwa banyak Ikan Nemo yang dijual berasal dari penangkaran akuarium membutuhkan waktu untuk dapat hidup bersama anemon. 

Apakah pakan yang baik untuk Ikan Nemo?
Ikan Nemo akan makan berbagai jenis makanan, baik itu makanan beku, alga, makanan hidup dan beragam jenis lainnya. 

Berapa banyak saya dapat memelihara Ikan Nemo dalam satu akuarium?
Ikan Nemo dapat dipelihara seekor atau sepasang. Mereka dapat membentuk satu kelompok kecil. Jika ingin memelihara banyak ikan nemo dalam satu akuarium, maka ukuran akurium perlu lebih besar. 

Apakah Ikan Nemo akan hidup damai dengan ikan-ikan lain di akuarium?
Biasanya ya. Ikan ini bersifat damai. Memang ada yang agresif dengan spesiesnya sendiri, terutama jika mereka sudah menjadi tuan rumah anemon tertentu. 

Dapatkan Ikan Nemo diternakkan di akuarium?
Ya, ikan ini bisa diternakkan di akuarium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar